Your Ad Here

Friday, December 18, 2009

Edit Skin / Template Blogger

Howdy everyone..
ok, sekarang saya maw berbagi sedikit tips and trik tentang bagaimana cara mengedit skin atau yang biasa disebut templates blogger.

kita mulai saja..
sebenarnya bagi mereka yang sudah advance, editing template blogger bisa dilakukan dengan mengutak atik bahasa web programming atau biasa dikenal dengan HTML code. jgn dibayangkan bahasa ini kayak bahasa indonesia yang bisa dimengerti, saya yang baru belajar beberapa hari ini masih belom ngerti-ngerti juga tentang editing HTML codes.

untuk kalian yang baru mengenal dunia blogger, tidak perlu takut blog anda memiliki skin yang standart. selalu ada cara lain untuk melakukan sesuatu..hehehe
ok jadi langkah-langkahnya seperti ini
1. tanyakan pada mbah google dengan key word "templates for blogger" / "blogger templates" (ngetiknya ga usah make tanda petik yah)
2. pilih salah 1 web yang ditemukan sama mbah google dengan key word tersebut. terus di buka webnya
3. jika sudah terbuka web nya.. silahkan cari template / skin blog yang cocok di hati kamu...klo dah ketemu di klik gambarnya...
4. nantinya kamu akan menemukan pilihan untuk download skin tersebut. download ajah gpp..
5. jika sudah terdownload.. biasanya sih file berbentuk compressed berekstensi .rar atau .zip ; klik kanan pada file ini terus di pilih option extract here.
6. jika sudah, harusnya nanti akan ada file yang berekstensi .xml (perhatikan file ini)
7. kembali login ke blogspot, lalu klik bar layout atau tata letak, lalu cari tulisan edit HTML dan klik tulisannya.
8. di opsi edit html nantinya anda akan menemukan banyak sekali bahasa dewa dalam sebuah kotak..jangan pedulikan.. sekali lagi jangan pedulikan dan jangan diutak atik! yang perlu diperhatikan adalah silahkan lihat kotak yang ada di bagian atas, tulisannya upload templates....dst terus ada tulisan browse dan upload.
9. klik browse / cari terus arahkan ke file .xml skin yang sudah kamu download dan extract tadi. klo udah ketemu, langsung klik upload.
10. klo dia minta persetujuan lagi klik saja opsi yes atau ok. sampai ada tulisan templates has been saved / changed (rada lupa). klo sudah tinggal view your blog dan VOILA..sekarang tampilan blog kamu lebih trendy dan menarik.

kalau ingin lebih dalam tentang blog editing tentu saja harus mendalami HTML, jadi kita bisa bikin custom template yang lebih cocok dihati. tapi menggunakan langkah diatas sudah cukup bisa memuaskan hati kok..hehehe

klo masih ada yang belum jelas, silahkan bertanya lagi..



Regards,


Mie-ftah
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 comments: on "Edit Skin / Template Blogger"